Thursday 4 August 2016

Bis "Ngangkang" dari China ini Mampu Mengatasi Kemacetan

by breakingnews-id.blogspot.com

Di tahun 2010 insinyur otomotif dari China mulai memimpikan desain bis yang bisa melayang dan mampu mengatasi macet lalu lintas yang parah di sono. Impian tersebut dituangkan dalam desain bis yang bisa me-"ngangkang"-i jalan raya. Ide tersebut dituangkan dalam proyek "Transit Elevated Bus" (TEB). Namun di tahun 2010 tersebut itu, otoritas China sendiri belum menyetujui proyek ini karena faktor safety dan efektifitas.

Kejutan kemudian hadir di sekitar bulan Juli 2016, di mana media-media akhirnya memperoleh bocoran informasi proyek TEB ini ternyata sudah direalisasi pabrik otomotif China. Bus yang bisa mengangkang ini tampil keren dengan dimensi "kangkangan" sekitar 4 meter hingga 4.5 meter. Berikut photo-photo keren bisa TEB ini dari berbagai media:

Bis canggih dari China yang bisa mengangkangi jalan raya

Seperti terlihat di photo, bis ini bisa dilalui mobil di bawahnya. Efektif untuk mengatasi kemacetan di jalan-jalan raya.

Transit Elevated Bus bisa melaju hingga kecepatan 60 km/jam. Ide ini pertama kali sebenarnya diajukan oleh pakar Craig Hodgetss dan Lester Walker di tahun 1969 dengan nama "The Bos-Wash Landliner". Kemudian ide ini di desain oleh pabrik Shenzhen Hashi Future Parking Equiment Company (深圳華世未來泊車設備有限公司). Concept nya diberi tajuk 3D Express Bus  (立体快巴) dan dikenalkan di pameran 13th Beijing International High-tech Expo in May 2010.

Desainernya, Song Youzhou menyatakan dalam interviewnya bahwa ada 4 kota di China, Nanyang, Shenyang, Tianjin dan Zhoukou yang menandatangi kontrak pilot proyek dengan menyediakan track ratusan kilometer di tahun 2016.


Photo lainnya :

bis keren yang bisa dilalui mobil di bawahnya

kapan Jakarta bisa punya bis canggih seperti ini

side elevation, Transit Elevated Bus from China

photo-photo from internet

No comments:

Post a Comment