Wednesday 16 March 2016

Harta Karun Vasco Da Gama ditemukan di Oman

Harta Karun Vasco Da Gama ditemukan di Oman

Puing kapal eksplorasi dunia yang digunakan Vasco da Gama diyakini ada di dasar laut daerah Oman. Kapal yang dinamai Esmeralda ini adalah bagian dari perjalanan jelajah laut kedua (second voyage) ke India tahun 1502-1503. Ini adalah shipwreck atau puing kapal yang cukup tua di jaman keemasan eksplorasi maritime Barat.

penelitian arkeologi dasar laut di perairan Oman

reruntuhan kapal Vasco da Gama

eksplorasi dasar laut reruntuhan kapal Vasco da Gama


Menteri Kebudayaan Oman mengumumkan hasil penelitian mereka terhadap puing-puing kapal yang ada di dasar laut pulau Al Hallaniyah Island, di laut Arabian. Puing ini sebenarnya sudah diketahui sejak tahun 1998. Bertahun-tahun para arkeolog meneliti situs dasar laut ini dan baru beberapa hari lalu berani mengumumkan hasilnya. Tim yang meneliti relic dasar laut ini adalah dari the British company Blue Water Recoveries dan juga dari Oman Ministry of Heritage and Culture. Situs ini tepatnya adalah di Gubbat ar Rahib Bay.

Esmeralda diyakini dihantam badai laut bersama dengan kapal Sao Pedro. Keduanya dipimpin kapten kapal Vasco da Gama, si penjelajah maritime terkenal dunia dari Portugal. Kapal Esmeralda dikomando oleh Commander Vicente Sodre. Vicente adalah paman dari Vasco da Gama. Vasco da Gama sendiri hidup dari tahun 1460s-1524. Dia adalah eksplorasi maritim yang sangat penting di jamannya karena dia yang pertama berhasil mengunjungi India melalui rute laut.

Beberapa harta karun penting yang ditemukan di puing kapal Esmeralda ini adalah koin perak yang sangat langka yang disebut "Indio". Hanya ada satu Indio yang ditemukan di dunia saat ini. Koin ini dibuat di tahun 1499, setelah Vasco da Gama berhasil melakukan first voyage-nya ke India. Koin ini dibuat khusus untuk perdagangan Portugal dengan India.

"Ini adalah penemuan yang menakjubkan" kata Mr Mearns, "seperti cerita di Hollywood."

harta karun penting yang ditemukan di reruntuhan kapal Esmeralda rombongan penjelajah Vasco da Gama di tahun 1502, lokasi reruntuhan di perairan Oman

Relic penting lainnya adalah lonceng perunggu bertahun 1498. Medali perak Dom Manuel I.

Penemuan ini juga mengandung misteri yaitu tidak terlalu ditemukan kerangka manusia di situs tersebut. Justru di pulau Al Hallaniyah, ditemukan beberapa situs pengkuburan. Sebanyak 100 crew kapal Esmeralda dan Vicente diyakini dikubur di situs tersebut. Hal ini disimpulkan dari orientasi jenazah yang dikuburkan tidak sesuai dengan orientasi posisi jenazah yang dikobur cara Islam.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment